Navigation Menu

Alat Pemadam Api

Alat Pemadam Api merupakan alat proteksi kebakaran aktif yang difungsikan untuk memadamkan api, khususnya untuk jenis kebakaran kecil atau dalam kondisi darurat. Alat Pemadam api tidak dapat digunakan untuk kebakaran yang sudah tidak terkendali, misalnya ketika api sudah mencapai langit-langit gedung. Jenis Alat Pemadam Api yang beredar di pasaran terdiri dari tabung bertekanan tinggi yaitu antara 12 – 15 bar.

Ada dua jenis Alat Pemadam Api, yaitu jenis catridge system (bertekanan dalam) dan stored pressure. Secara kasat mata yang membedakan untuk kedua jenis tabung tersebut adalah ada tidaknya pressure gauge pada tabung Alat Pemadam Api. Alat pemadam api jenis catridge system tidak memiliki pressure gauge, sehingga tanpa pengetesan, tidak akan dapat terdeteksi besar tekanan dalam tabung Alat Pemadam Api.

Sedangkan jenis Alat Pemadam Api stored pressure memiliki pressure gauge, sehingga tekanan dalam tabung dapat lebih mudah dipantau. Alat Pemadam Api jenis ini lebih menguntungkan karena lebih sederhana, pemakaiannya lebih mudah dan cepat untuk melakukan pemadaman api.

Jenis Alat Pemadam Api 
Alat Pemadam Api yang banyak digunakan berisi bahan kimia kering (powder), busa atau gas. Berikut pembahasannya :

Dry Chemical Powder
Merupakan kombinasi dari asa fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi menguraui reaksi kimia yang terjadi pada zona kebakaran, sehingga api dapat dipadamkan. Dry Chemical Powder mempunyai titik lebur rendah dan partikel pada Dry Chemical Powder sangat kering sehingga dapat membentuk penghalang, jadi oksigen tidak dapat masuk dan menutupi area kebakaran.
Dry Chemical Powder merupakan media Alat Pemadam Api multifungsi, aman dan bisa digunakan untuk hampir semua kelas kebakaran, yaitu untuk kebakaran api kelas AB, dan C. Kelebihan dari Alat Pemadam Api Dry Chemical Powder sebagai berikut :
  • Dapat menahan radiasi panas dengan serbuk partikelnya. 
  • Aman dari bahaya listrik karena tidak menghantarkan listrik
  • Bahan kimianya tidak beracun
  • Aman bagi tumbuhan, hewan dan terutama manusia.
Carbon Dioxide (CO2)
CO2 adalah Senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan secara alami atau dibuat oleh manusia. Alat Pemadam Api CO2 dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C, hal tersebut karena CO2 merupakan bahan gas yang  tidak merusak. Selain itu juga tidak meninggalkan residu, sehingga lebih efektif dan bersih. Kelebihan dari Alat Pemadam Api CO2 sebagai berikut :
  • CO2 dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan.
  • Bentuk tabung dirancang untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang berbentuk corong.
  • Aman bagi tumbuhan dan hewan.
  • Cocok untuk memadamkan api yang terjadi karena korsleting listrik, karena bersih dan aman.
Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)
Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah Alat Pemadam Api berbasis air. Foam AFFF memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan yang mengandung hidrokarbon. Alat Pemadam Api Foam AFFF dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun direkomendasikan untuk kelas B. Alat Pemadam Api Foam AFFF bersifat penghantar listrik, sehingga tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C. Kelebihan dari Alat Pemadam Api Foam AFFF sebagai berikut :
  • Foam AFFF bersifat ringan, sangat efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dan mencegah api menjalar kembali.
  • Bahan yang terkandung di dalamnya dapat menutup permukaan pangkal api.
Bromindo, sebagai distributor resmi untuk Alat Pemadam Api menyediakanAlat Pemadam Api jenis Dry Chemical Powder, CO2 dan Foam AFFF untuk seluruh wilayah di Jawa Tengah, khususnya untuk wilayah Semarang, Salatiga, Purwokerto, Wonogiri dan Solo.

Untuk harga yang terjangkau, silahkan menghubungi Bromindo di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 37E Banyumanik Semarang, Telepon (024) 7499802

0 comments: